EFEKTIVITAS TUMMY TIME TERHADAP KEMAMPUAN MENGANGKAT KEPALA BAYI USIA 0-3 BULAN DI DESA KALIOMBO KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG
Keywords:
Tummy Time, Kemampuan Mengangkat Kepala, BayiAbstract
Salah satu upaya tercapainya potensi genetik pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi adalah dengan pemberian stimulasi. Salah satu bentuk stimulasi untuk meningkatkan kemampuan motorik mengangkat kepala bayi adalah dengan tummy time exercise. Tummy time exercise merupakan istilah yang digunakan untuk latihan penumpuan berat badan dengan memposisikan bayi dalam posisi prone lying atau tengkurap untuk mendukung bayi melakukan gerakan aktif servikal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Tummy Time Terhadap Kemampuan Mengangkat Kepala Bayi Usia 0-3 Bulan di Desa Kaliombo, Kecamatan Sulang, Kab. Rembang. Ini merupakan jenis penelitian quasi experimen dengan desain case control. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 34 bayi, Teknik pengambilan sampel secara total sampling yaitu 34 bayi yang terbagi menjadi 17 kelompok control 17 kelompok kasus. Hasil Uji statistic Kemampuan Mengangkat Bayi Usia 0-3 Bulan yang tidak dilakukan Tummy Time lebih banyak tidak ada peningkatan yaitu 11 orang (64,7%) dan yang ada peningkatan sebanyak 6 orang (35,3%). Kemampuan bayi dalam mengangkat kepala bayi yang dilakukan Tummy Time lebih banyak terjadi peningkatan yaitu sebanyak 14 orang (82,4%) dan sebagian kecil 3orang (17,6%) tidak ada peningkatan kemampuan mengangkat kepala. Dapat disimpulkan berdasarkan uji statistic mann whitney terdapat Efektivitas tummy time terhadap kemampuan mengangkat kepala bayi usia 0-3 bulan di Desa Kaliombo, Kecamatan Sulang, Kab. Rembang dengan p value 0,000 < 0,05. Bayi yang diberikan stimulasi tummy time mempunyai kemungkingkan 8,57 kali mengangkat kepala baik dibandingkan dengan bayi yang tidak diberikan stimulasi tummy time dengan nilai RO sebesar 8,57 dengan IK 95% 1.736 - 42.169.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Bidan (Midwife Education Research Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.