PENGARUH SENAM DISMENOREA TERHADAP PENURUNAN NYERI HAID PADA REMAJA PUTRI KELAS X DI SMK JAMAAH PASRAH PATI
Keywords:
Senam Disminorea, Penurunan Nyeri, Haid, Remaja PutriAbstract
Nyeri haid/ dismenorea merupakan adalah ketidakseimbangan hormon progesteron dalam darah sehingga mengakibatkan rasa nyeri timbul, faktor psikologis juga ikut berperan terjadinya dismenorea pada beberapa wanita. Senam yang dapat digunakan untuk mengatasi dismenorea adalah senam khusus, yang fokusnya membantu peregangan seputar otot perut, panggul dan pinggang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh senam dismenorea terhadap penurunan nyeri haid pada remaja putri Kelas X Di SMK Jamaah Pasrah Pati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Experimental berupa pre eksperimental design dengan rancangan one grup pretest - posttest. Rancangan one grup pretest - posttest adalah rancangan penelitian yang dilaksanakan pada satu kelompok saja yang dipilih secara random dan tidak dilakukan tes kestabilan dan kejelasan keadaan kelompok sebelum diberi perlakuan. Berdasarkan teknik porposive sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 35 responden. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Derajat nyeri dismenorea sebelum diberi perlakuan senam dismenorea yaitu sedang sebanyak 21 orang (60,0%), 2) Derajat nyeri dismenorea sesudah diberi perlakuan senam dismenorea yaitu ringan sebanyak 21 orang (60,0%) dan 3) Ada pengaruh senam dismenorea terhadap penurunan nyeri dismenorea yang dialami sebelum dan sesudah diberi perlakuan senam dismenorea pada remaja putri kelas X di SMK Jamaah Pasrah Pati, dengan nilai p value 0,000 < 0,05. Diharapkan dalam upaya meningkatkan angka kesehatan remaja putri khususnya untuk menggunakan melakukan senam disminorea dan sebagai pengambil kebijakan dalam melakukan pengobatan serta prosedur melakukan terapi senam disminorea.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Bidan (Midwife Education Research Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.