HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DENGAN PERILAKU VULVA HYGIENE
Keywords:
Perilaku Vulva Hygiene, PengetahuanAbstract
Perilaku kesehatan mengenai perilaku personal hygiene sangat penting dilakukan karena jika tidak diterapkan dengan benar maka akan menimbulkan infeksi saluran reproduksi, infeksi jamur, dan bakteri. Perilaku vulva hygiene merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan mengontrol infeksi, mencegah kerusakan kulit, meningkatkan kenyamanan serta mempertahankan kebersihan organ reproduksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja putri dengan perilaku vulva hygiene di SMPN 2 Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Tahun 2024. Jenis penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja putri kelas VII SMPN 2 Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulur Timur dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswi. Pengambilan sampel menggunakan teknik total populasi. Hasil penelitian didapatkan distribusi frekuensi sebagian besar responden memiliki perilaku vulva hygiene yang kurang baik sebanyak 35 responden (56,5%), sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan yang cukup sebanyak 24 responden (38,7%). Hasil uji statistik didapatkan ada hubungan tingkat pengetahuan remaja putri dengan perilaku vulva hygiene di SMPN 2 Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Tahun 2024 dengan nilai p.value = 0,001. Kesimpulan tingkat pengetahuan remaja putri memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku vulva hygiene. Saran dapat meningkatkan pengetahuan remaja putri dalam melakukan personal hygiene dan vulva hygiene khususnya saat menstruasi dengan mengadakan seminar atau penyuluhan bersama nara sumber dari tenaga medis sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan remaja putri seputar cara melakukan vulva hygiene yang baik dan benar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Bidan (Midwife Education Research Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.