HUBUNGAN PEMBERIAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK 12-18 BULAN DI POSYANDU MAWAR
Keywords:
Stimulasi, Perkembangan anakAbstract
Perkembangan anak sangat penting karena anak akan mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan. Apabila perkembangan tersebut mengalami masalah maka anak akan mengalami kesulitan dalam tahap belajar selanjutnya. Stimulasi yang tepat akan merangsang otak balita sehingga perkembangan kemampuan gerak, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian pada balita berlangsung optimal sesuai dengan umur anak.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian stimulasi dengan perkembangan anak 12-18 bulan di posyandu mawar. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik korelatif yaitu pendekatan yang digunakan untuk melihat hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 ibu. Analisa yang digunakan untuk mengetahui hubungan dua variabel, jenis analisa yang digunakan adalah Chi Square.
Hasil penelitian diketahui diketahui ibu yang melakukan stimulasi ada 30 ibu (78,9%), dan yang tidak melakukan stimulasi sebanyak 8 ibu (21,1%). perkembangan sesuai umur sejumlah 26 orang (68,4%), perkembangan umur meragukan sejumlah 9 orang (23,7%) dan perkembangan perhatian sejumlah 3 orang (7,9%). Nilai p value 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan Pemberian Stimulasi dengan Perkembangan Anak 12-18 Bulan di Posyandu Mawar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Bidan (Midwife Education Research Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.